Pantang Daging Merah Cegah Kebutaan
>> Sabtu, 25 Juli 2009
Jika Anda termasuk penggemar masakan serba daging, ada baiknya mulai menggeram konsu
msi daging mulai sekarang. Konsumsi daging, terutama daging merah, bisa meningkatkan risiko kebutaan di usia tua.
Elaine Chong
dan timnya dari University of Melbourne, Australia, menemukan bahwa mengkonsumsi daging merah lebih dari 10 kali dalam seminggu akan meningkatkan risiko kebutaan akibbat usia sebanyak 47 persen disbanding orang yang mengkonsumsi daging merah kurang dari 5 kali seminggu. AMD (age-related macular degeneration) disebabkan oleh kerusakan pada retina mata sehingga pandangan menjadi kabur dan buta.
Analisa terhadap 6734 orang berusia 58-69 tahun di Melbourne, Australia, yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology ini juga mel;aporkan bahwa orang yang mengkonsumsi daging ayam paling tidak 3 kali setiap minggu memiliki risiko AMd lebih rendah 57 persen. Para peneliti menyimpulkan bahwa penelitian jenis daging dan perubahan pola makan bisa membantu mencegah terhjadinya AMD di usia lanjut.





0 komentar:
Posting Komentar